Rabu, 28 September 2011

PAKORA CEMILAN DARI TIMUR TENGAH


Suka gorengan? Cobalah gorengan asal Pakistan ini. Bentuknya bulat, adonannya gurih renyah. Isinya beragam, bisa sayuran atau buah-buahan segar. Krenyes gurih dan enak. Cocok buat berbuka bersama secangkir teh hangat.

Gorengan identik dengan tempe, tahu atau sayuran. Salah satu jenis gorengan asal Pakistan ini sedikit unik. Isiannya berupa irisan aneka buah yangdicampur adonan tepung. Digoreng garing renyah serta disantap saat masih hangat mengepul.

Pakora, merupakan salah satu jenis gorengan yang banyak ditemui di wilayah Asia Selatan. Rasanya yang gurih renyah di luar dan lembut di bagian dalam. Camilan ringan ini biasanya dinikmati untuk berbuka puasa oleh sebagian besar warga Pakistan.

Gorengan jenis ini terbuat dari beberapa campuran bahan.Seperti bawang merah, terung, kentang, bayam, pisang, kembang kol, tomat, cabai atau roti serta potongan ayam. Semua bahan itu dicampur dengan adonan tepung. Tepung barulah dibalut dengan adonan tepung khusus, seperti tepung besan atau gram.

Bagian luranya makin gurih wangi karena ditambah irisan daun bawang dan sedikit garam. Adonan ini kemudian dibentuk bola-bola dan digoreng hingga kuning keemasan. Karena berupa gorengan maka paling asyik dimakan saat masih hangat.

Di Inggris, India, dan Pakistan camilan ringan jenis ini tidak hanya disajikan sebagai menu berbuka puasa. Namun juga sebagai makanan pembuka untuk acara pernikahan, kelahiran, serta acara-acara besar lainnya.

Biar makin enak, bisa dicocol saus asam manis, saus kare atau yogurt. Di beberapa negara Asia Selatan, Pakora mudah ditemukan di beberapa restoran siap saji. Jenis tepung besan atau gram bisa dibeli di toko bahan makanan Timur Tengah.

Paling asyik, Pakora dimakan saat hangat mengepul dengan ditemani segelas teh atau susu hangat. Coba yuk!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harap tinggalkan komentar anda